Bantu Proses Pemulihan Pasca Operasi, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh dengan Deretan Makanan Ini

Masa pemulihan pasca operasi memang membutuhkan waktu yang berbeda, tergantung kondisi tubuh dan seberapa besar operasi yang dilakukan. Biasanya, dokter akan memberikan saran apa saja yang perlu dilakukan untuk membantu proses pemulihan tubuh supaya bisa segera melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Nah, tahukah kamu kalau asupan makanan yang tepat ternyata bisa membantu proses pemulihan yang lebih cepat?  Tapi, apa saja sih makanan yang direkomendasikan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi? Intip dulu di sini!

Setelah operasi, tubuh akan fokus pada proses penyembuhan luka agar bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, di sinilah pentingnya asupan makanan yang kaya akan protein karena tubuh akan memecah protein menjadi asam amino yang diperlukan dalam proses regenerasi jaringan dan penyembuhan luka.

Protein bisa kamu dapatkan dari sumber hewani, misalnya daging tanpa lemak, telur, atau protein nabati yang diperoleh dari kedelai atau produk olahan lainnya seperti tahu, tempe, atau susu kedelai.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan sistem imun pasca operasi. Nah, kamu bisa mendapatkan asupannya dari berbagai jenis ikan laut seperti ikan tuna, kembung, tongkol atau salmon.

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam BMC Cancer (2017), disebutkan bahwa asam lemak omega-3 bisa membantu tubuh mempercapat proses penyembuhan luka dan mengurangi risiko peradangan yang bisa terjadi pasca operasi.

Bahan makanan yang satu ini sudah bukan rahasia lagi kalau menjadi sumber utama serat di dalam tubuh. Kenapa harus mulai banyak mengonsumsi serat? Pasca operasi, pasien bisanya akan mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lainnya sebagai efek obat pereda nyeri yang dikonsumsi.

Ada banyak asupan sayuran hijau yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari bayam, sawi, kangkung bisa menjadi alternatif sumber serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Nggak hanya kaya serat, beberapa jenis sayuran juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sumber nutrisi tubuh.

Untuk mengembalikan energi tubuh pasca menjalani operasi, asupan karbohidrat perlu diperhatikan juga. Tapi, hindari jenis karbohidrat olahah. Sebaiknya pilih karbohidrat yang berasal dari biji-bijian utuh yangg bisa memberikan nutrisi penting sekaligus mendukung proses penyembuhan luka setelah operasi.

Beberapa pilihan makanan yang berasal dari biji-bijian utuh antara lain oatmeal, sereal, roti gandum, beras cokelat atau merah bisa jadi rekomendasi.

Zat besi merupakan komponen utama pembentuk hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Asupan zat besi yang kurang tercukupi bisa membuat tubuh mengalami kelelahan dan terasa lemah.

Konsumsi makanan yang kaya zat besi sangat penting dalam proses pemulihan luka pasca operasi. Ada beberapa rekomendasi bahan makanan yang bisa dicoba, mulai dari daging sapi, makanan laut, hingga bayam.

Jangan lupakan asupan buah-buahan untuk mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi. Buah beri seperti stroberi dan bluberi yang kaya kandungan vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen yang mempercepat pemulihan luka bekas operasi.

Nggak hanya itu saja, buah ini juga mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama antosianin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Connecticut menjelaskan bahwa antioksidan tersebut memiliki efek anti-inflamasi dan antivirus yang menunjang fungsi kekebalan tubuh.

Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi jika ingin mempercepat proses penyembuhan pasca operasi. Selain itu, konsumsi suplemen yang dapat meningkatkan imun tubuh dan memiliki kandungan antioksidan tinggi juga diperlukan untuk membantu meningkatkan proses pemulihan luka.

Semoga sehat selalu ya!

Rekomendasi

fresh Batasi Konsumsi Makanan Kaleng dan Olahan, Ketahui 3 Dampaknya

Makanan olahan memang praktis untuk dikonsumsi, namun kandungannya bisa berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan Mata Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan 5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

Hindari rasa tak nyaman di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong, pilih makanan yang lebih aman.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

news update Unik, 5 Hewan ini Punya Kebiasaan Makan Kulit Pohon

Berikut 5 hewan yang memakan kulit pohon dan cara mereka mengakses nutrisi dari sumber makanan berkayu!

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kecemasan Keluhan Tubuh yang Jadi Tanda Kalau Level Cemas Sedang Sangat Tinggi

Banyak orang alami gejala kecemasan hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Cegah dan atasi hal tersebut dengan beberapa kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

fresh Deretan Penyebab Tubuh Gampang Banget Lelah

Kelelahan yang terjadi secara berulang bukanlah tanpa sebab. Hindari beberapa kebiasaan agar tubuh lebih berenergi.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan Rutin Jalan Kaki Setelah Makan, Bantu Pencernaan Hingga Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setelah makan terbukti dapat meningkatkan kesehatan

Baca Selengkapnya

 

Updated: Januari 24, 2024 — 9:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *