Daftar 12 Hotel Termewah Sedunia 2023, Cuma Buat Orang Kaya

Jakarta, CNBC Indonesia – Grup khusus anggota Luxury Travel Intelligence (LTI) merilis daftar baru. Adapun daftar baru tersebut merupakan sederet peringkat untuk merek hotel dunia, bukan properti pribadi.

Mengutip CNBC International, Sabtu (25/11/2023). pemeringkatan itu menganalisis banyak hotel dalam suatu merek secara “merinci,” menggunakan lebih dari 100 poin penilaian untuk mengevaluasi “kemampuan suatu merek dalam memberikan pelayanan,” mulai dari etos hingga stafnya.

Sebagai informasi, LTI tidak menjual iklan dan ulasan, pihaknya bersifat independen, didanai langganan seharga US$ 700 atau sekitar Rp10,87 juta (dengan asumsi kurs Rp15.532/US$) per anggota.

Daftar Hotel Termewah Dunia

Mandarin Oriental
Oetker Collection
Auberge Resorts Collection
Six Senses
Aman
Belmond
Four Seasons
One&Only
Rocco Forte Hotels
Rosewood
Peninsula
Raffles

Untuk pertama kalinya, Mandarin Oriental mengambil posisi teratas, mengungguli Oetker Collection dengan selisih yang sangat tipis, menurut hasil tersebut. Sementara Oetker Collection yang digeser Mandarin Oriental, mengoperasikan 12 hotel di seluruh dunia, termasuk Le Bristol di Paris, Hotel du Cap-Eden-Roc di Antibes, Prancis, dan The Lanesborough, London.

Auberge Resorts Collection, yang menempati peringkat ketiga mengoperasikan hotel seperti Mauna Lani di Hawaii, The Lodge at Blue Sky di Park City, Utah, dan The Vanderbilt di Newport, Rhode Island. Itu hanyalah tiga dari 27 hotel dan resort di bawah merk Auberge.

Pada tahun 2022, Six Senses menduduki peringkat pertama, disusul Mandarin Oriental di posisi kedua, dan Rosewood peringkat ketiga. Terdapat dua merek baru yang masuk dalam daftar tahun ini, diantaranya Peninsula Hotels dan Raffles Hotels and Resorts.

Analisis Daftar Hotel Mewah

Michael Crompton, salah satu pendiri LTI, mengatakan kepada CNBC bahwa menyesuaikan pertumbuhan eksplosif yang berkelanjutan di sektor ini dengan manajemen dan staf berkaliber tertinggi terbukti menjadi tantangan yang signifikan. Ia berharap hal ini bisa menjadi faktor penentu peringkat grup di masa depan.

Adapun dalam sistem penilaiannya, kata Crompton, LTI telah menggunakan algoritma untuk menilai merek hotel yang memiliki skor maksimal 4.663 poin. Tahun ini, mereka mengukur dengan 130 titik kontak yang mengevaluasi faktor-faktor, seperti santapan di kamar, proses sebelum kedatangan tamu, dan keterlibatan suatu merek di media sosial.

“Kelompok tersebut menggunakan sistem berbasis poin untuk menghilangkan emosi dan opini pribadi dari peringkat tersebut,” kata Crompton, seperti dikutip Sabtu (25/11/2023).

Crompton mencatat bahwa investasi merek, baik pada hotel baru atau renovasi hotel yang sudah ada merupakan faktor utama tahun ini.

Crompton tidak mengungkapkan bagaimana poin penilaian diberi bobot, namun ia mengatakan bahwa “setiap tahun kami mengubah titik sentuh dan bobotnya.”

Merek Hotel Mewah Lainnya

LTI juga menyoroti merek lain yang dikatakan “dinilai cukup” untuk dipantau.

Merek-merek tersebut diantaranya, 1 Hotels, Anantara, Banyan Tree, Como, Dorchester Collection, Firmdale, Jumeirah, Leela, Oberoi, Park Hyatt, Ritz-Carlton, Shangri-La, Soho House, Red Carnation, St. Regis, Taj, The Luxury Collection and Viceroy.

Selain itu, merek yang memiliki kurang dari 10 properti atau jumlah minimum yang diperlukan untuk masuk daftar tetapi mendapat peringkat tinggi adalah seperti Airelles, Althoff Collection, Bulgari, Capella, Cheval Blanc, JK Place, La Reserve, Maybourne, Montage, Nikki Beach, Pendry, Soneva, Ultima Collection and Virgin Limited Edition.

[Gambas:Video CNBC](fab/fab) 

Updated: November 25, 2023 — 2:45 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *