Israel Perintahkan Warga Gaza Keluar dari Wilayah Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Israel memerintahkan penduduk Gaza untuk keluar dari wilayah Khan Younis, kota utama di bagian selatan Jalur Gaza. Perintah itu dikeluarkan saat pasukan Israel melancarkan serangan darat jauh ke wilayah selatan.

Laporan Reuters pada hari Senin (4/12/2023) menyebut, militer Israel telah mengunggah peta di media sosial X pada Senin pagi. Dalam peta tersebut, sekitar seperempat kota Khan Younis ditandai dengan warna kuning sebagai wilayah yang harus segera dievakuasi.

Sementara tiga anak panah dalam peta itu menunjuk ke selatan dan barat, memberitahu orang-orang untuk bergerak lebih jauh menuju laut Mediterania dan perbatasan Mesir.

“IDF (Pasukan Pertahanan Israel) terus memperluas operasi daratnya terhadap pusat-pusat Hamas di seluruh Jalur Gaza,” kata juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, kepada wartawan di Tel Aviv semalam. “Pasukan ini berhadapan langsung dengan teroris dan membunuh mereka.”

Alhasil penduduk yang putus asa melarikan diri bahkan saat bom jatuh di daerah yang masih dianggap aman. Kini banyak penduduk mengungsi dari daerah lain, banyak yang tidur di bawah tenda sementara dengan sedikit sisa barang mereka di dalam kantong plastik.

Sebanyak 80% dari 2,3 juta penduduk Gaza telah meninggalkan rumah mereka akibat serangan pemboman Israel mengubah sebagian besar jalur pantai yang padat menjadi gurun tandus.

Para pejabat medis di daerah kantong tersebut mengatakan pemboman telah menewaskan lebih dari 15.500 orang, dan ribuan lainnya hilang dan dikhawatirkan terkubur dalam reruntuhan.

Israel melancarkan serangannya untuk memusnahkan kelompok Islam Hamas yang berkuasa di Gaza sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang menurut perhitungan Israel.

Pasukan Israel sebagian besar menguasai bagian utara Gaza pada November, dan sejak gencatan senjata selama seminggu gagal pada Jumat, mereka dengan cepat bergerak jauh ke bagian selatan.

Tank-tank yang melaju ke Gaza dari pagar perbatasan di timur sepanjang jalan yang memisahkan Khan Younis dari kota Balah al-Deir lebih jauh ke utara telah mencapai pabrik tepung di tengah jalan menuju pantai Mediterania, memutus jalan utama utara-selatan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Siapa Hamas? Faksi Palestina yang Buat Israel Gaungkan Perang


(dce) 

Updated: Desember 4, 2023 — 2:20 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *