Kejurnas Burung Merpati Digelar di Pangandaran, Diharapkan Dongkrak Ekonomi Kerakyatan

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN – Kejuaraan nasional burung merpati di Pangandaran berlangsung meriah dan diikuti ribuan para peserta dari berbagai daerah di pulau Jawa.

Saat kejurnas berlangsung, terlihat para peserta yang merupakan penghobi burung merpati mengikuti antrian di depan kalangan.

Secara bergantian mereka mempertunjukkan kualitas burung merpatinya di dalam kalang yang dihiasi pernak pernik bendera merah putih.

Ada juga sejumlah peserta yang menunggu di tenda khusus bersama dengan burung merpatinya masing-masing.

Selain itu ada juga berbagai jajanan kuliner seperti mie baso, makanan ringan, minuman dingin dan kopi yang disajikan oleh para pelaku UMKM warga setempat.

Kejurnas burung merpati ini dilaksanakan di Lapangan Dusun Bontos Desa Kalangjaladri Kecamatan Parigi, Sabtu (3/2/2024).

Ketua Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI), H. Rachmat Fuadi mengatakan, event 

merpati ini adalah satu momen silaturahmi dalam rangka Pemilu damai. 

“Ada 1000 lebih peserta penghobi merpati yang mengikuti lomba merpati. Para peserta, kebanyakan dari Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa barat,” ujar Rachmat kepada sejumlah wartawan di lokasi event burung merpati, Sabtu (3/2/2024) siang.

Dalam event burung merpati yang digelar selama tiga hari ini, mereka memperebutkan hadiah total senilai Rp 250 juta. 

Wakil Ketua PMTI, H Hendar menyampaikan, untuk event burung merpati pihaknya memiliki agenda tersendiri. 

“Cuma di tahun 2024 ini menjadi agenda khusus momen Pemilu. Tahun Pemilu ini, kita bersama sama pererat silaturahmi. Sesuai moto kita, semua penggemar atau penghobi burung merpati adalah saudara,” ujar Hendar.

Selain itu, pihaknya pun berupaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan menggelar para pelaku UMKM di acara event burung merpati ini. 

“Jadi, sambil menyalurkan hobi kita juga mendobrak ekonomi kerakyatan dengan para pedagang UMKM setempat,” kata Hendar.

Sementara penasehat PMTI, Irfan Setiadi R berharap adanya event PMTI burung merpati bisa sesuai temanya yakni Pemilu Daalmai. 

“Kita bisa pererat tali silaturahmi dan sinergitas antara TNI POLRI dan penghobi burung merpati. Ya, sesuai lambang burung merpati yaitu lambang kedamaian,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Updated: Februari 3, 2024 — 9:18 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *